Jumat, 26 September 2014

Purwa'' Deskripsi Desa Kamiwangi''



DESA KAMIWANGI
Desa Kamiwangi adalah merupakan salah satu desa dari 17 desa yang berada diwilayah Kecamatan Toili Barat Kabupaten Banggai. Penduduk desa kamiwangi merupakan pemukiman penduduk transmigrasi. Desa Kamiwangi penduduknya terdiri dri berbagai macam suku yaitu suku bali, jawa, dan lombok. Pada desa kamiwangi dominan menganut agama hindu, dan sisanya agama islam dan kristen.


 

Gambar 1. Peta Kabupaten Banggai
Asal usul desa kamiwangi berasal dari kata  bahasa indonesia yaitu dari kata kami yang berati sebuah kelompok, sedangkan kata wangi berati berbau harum. Desa kamiwangi dipertama kali dipimpin oleh seorang kepala desa yang bernama Taram dengan sekdesnya Muliarjo yang menjabat mulai tahun 1985-1995. Setelah masa pemerintahannya habis, digantikan oleh seorang warga masyrakat bali yang bernama I Nyoman Sukarya yang menjabat mulai tahun 1995-2005. Pada masa pemerintahan beliau, desa kamiwangi mulai berkembang dan sedikit mengalami kemajuan. Kemuadian beliau digantikan oleh I Kadek Budiasa yang menjabat dari tahun 2005 -2010.
Pada masa pemerintahanya desa kamiwangi mengalami kemerosatan , yaitu berupa banjir yang terus melanda. Setelah itu, digantikan oleh I Komang Putra Yasa yang menjabat dari tahun 2010 hingga saat ini. Desa yang di pimpin oleh kepala desa sekarang ini ,mengalami kemajuan yang begitu pesat. Didesa desa kamiwangi kedatangan perusahan migas yang dapat membantu masyarakat sekitarnya , serta bisa memakmurkan  desa kami.
A.  Keadaan Fisik dan Geografi Desa Kamiwangi
Desa kamiwangi berada pada ketinggian 3000 meter diatas permukaan laut. Pada desa kamiwangi memiliki batas wilayah yaitu sebaggai berikut:
Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Sindang Sari,
Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Dongin,
Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Makapa,
Dan Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Mekar Sari.
.Desa Kamiwangi memiliki luas daratan 1.850 Ha dan luas perbukitan/pegunungan 300 Ha. Penggunaan lahan didesa kamiwangi meliputi lahan darat, lahan sawah, lahan kebun dan lahan tidur. Untuk lahan darat digunakan untuk pemukiman dan pekarangan sebanyak 150 Ha, untuk fasilitas umum digunakan sebanyak 100 Ha, dan untuk perkuburan sebanyak 3 Ha. Kemudian untuk lahan sawah,  digunakan untuk sawah potensial (TSM) sebanyak 150 Ha, dan sawah aktual sebanyak 800 Ha.. Lahan  perkebunan digunakan untuk tanaman jagung dan kacang sebanyak 120 Ha dan digunakan untuk tanaman kelapa sebanyak 8 Ha, kemudian 2 Ha digunakan untuk tanaman cokelat. Lahan tidur digunakan sebanyak 600 Ha. Desa Kamiwangi terletak 6 kilometer dari ibu kota kecamatan.



 
Gambar 2. Balai Desa yang berada di Pemukiman Desa Kamiwangi
B.  Keadaan Penduduk
Desa Kamiwangi memiliki jumlah penduk sekitar 2.410 jiwa pada tahun 2011. Selain itu, penduduk desa kamiwangi dominan bermata pencaharian petani. Kemudian  ada yang bermata pencarian sebagai pegawai, pedagang, buruh, polri, dan guru. Masyarakat kamiwangi lebih cenderung bermata pencaharian sebagai petani, karena rata-rata penduduk memiliki sawah. Agar lebih detail lihat diagram berikut:
Diagram keadaan penduduk menurut mata pencarian.
Berdasarkan diagram diatas, terlihat bahwa mata pencaharian masyarakat desa kamiwangi lebih dominan petani ketimbang yang lainnya. Lahan pertanian membuat hidup masyarakat didesa kamiwangi menjadi makmur dan sejahtera. Didesa kamiwangi lahan pertanian ini sangat luas  yang menyebabkan masyarakat lebih tertarik pada mata pencaharian pertanian.


images (3).jpg
 

Gambar 3. Lahan Persawahan di Desa Kamiwangi
Selain dilihat dari segi mata pencaharian, keadaan penduduk juga dilihat dari segi pendidikan, untuk lebih jelas lihat diagaram berikut:
Diagram Keadaan Penduduk Berdasarkan Jenjang Pendidikan
Berdasarkan diagran diatas, dapat diketahui bahwa tingkat pendidikan terbanyak adalah SD. Kemudian 300 orang untuk lulus SLTP, 198 orang belum sekolah yang kebanyakan anak dibawah usia sekolah, terdapat 195 orang lulus SLTA, 170 orang tidak lulus SD, 115 orang buta huruf dan 32 orang yang telah menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi. Dari data tersebut maka dapat diketahui bahwa keadan penduduk berdasarkan jenjang pendidikan di desa kamiwangi belum optimal karena dominan faktor ekonomi.










Gambar 4. Sekolah SDN Kamiwangi
C.  Potensi Sumber Daya Alam
Didesa Kamiwangi terdapat tiga potensi sumber daya alam utama yaitu pertanian, perkebunan, dan pertambangan. Lahan pertanian terutama sawah didesa kamiwangi luasnya sekitar 800 Ha. Sawah merupakan potensi sumber daya alam yang paling tinggi bagi masyrakat kamiwangi. Pengolahan sawah didesa kamiwangi sudah cukup maju , sehingga bisa menhasilkan kualitas potensi sumber daya alam yang bermutu dan bersaing didunia ekspor.
Kemudian untuk lahan perkebunan didesa kamiwangi mencapai 120 Ha. Dengan adanya lahan perkebunan ini, masyarakat desa kamiwangi memiliki mata pencaharian sampingan selain mata pencaharian pokok yaitu bersawah. Perkebuanan sangat membantu masyarakat desa kamiwangi dalam memgembangkan potensi sumber daya alam yang ada didesa kamiwangi. Selain itu , potensi beternak juga sangat membantu masyarakat kamiwangi dalam mengembangkan usaha dan memamjukan desa. Masyarkat kamiwangi lebih memilih beternak sapi ketimbang yang lain , karena ternak sapi memiliki keuntungan yang besar dibanding ternak yang lain.
Disisi lain potensi sumber daya alam didesa kamiwangi yaitu pertambangan migas. Pada desa kamiwangi terdapat 5 sumur migas. Dengan adanya migas ini , menarik perhatian perusahan untuk mengelolanya. Selain itu dengan adanya pertambangan migas, desa kamiwangi menjadi makmur hingga saat ini. Potensi tambang migas ini membuka lowongan kerja dan membantu banyak masyarakat desa kamiwangi.
 

Gambar 4. Perusahan Migas di Desa Kamiwangi
D.  Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana desa sangat membantu dalam perkembangan wilayah suatu desa. Adanya sarana da prasarana, dapat memudahkan masyarakat melakukan aktivitas dalam menmbangkan desanya. Didesa kamiwangi terdapat tiga sarana pendidikan yaitu dua Sekolah SD dan satu sekolah SMP. Selain itu didesa dilengkapi dengan sarana dan prasarana berupa Balai Desa, Lapangan Olahraga, dan Kantor Dinas Pertanian.
Disamping itu dilengkapi dengan sarana jalan yang bagus, sehingga memudah masyarakat untuk melakukan aktivas sehari-hari yaitu bertani, sekolah dan lain-lain. Pada desa  Kamiwangi terdapat tiga tempat ibadah yaitu Pura, Masjid dan Gereja. Tempat ibadah ini merupakan sarana yang sangat penting bagi masyarakat sekitarnya. Selain tempat ibadah, terdapat juga puskemas yang merupakan sarana untuk kesehatan bagi masyarakat setempat.















Gambar 5. Jalan Batu dan Jalan Aspal di Desa Kamiwangi
Kemudian untuk sarana trasportasi dari desa kedesa , desa kekota sudah lancar . Dengan adanya sarana jalan yang bagus semua aktivitas berjalan dengan lancar dan terkendali. Sarana transportasi yang lancar membantu masyarakat dalam berkomunikasi, interaksi baik dalam bidang ekonomi, sosial maupun budaya.

Referensi         : http ://(www.banggaikab.bps.go.id).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar